Keluarga adalah Tempat pertama untuk melindungi, membimbing dan melakukan upaya - upaya pemberdayaan keluarga baik secara ekonomi, sosial, dan budaya. Hal tersebut meneguhkan hakikat keluarga sebagai lembaga yang berperan serta dalam membangun budi pekerti menanamkan norma -norma kebaikan, etika dalam bermasyarakat. Juga menjadi lembaga yang berperan untuk menguatkan nilai - nilai dan pengamalan pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara.

Dalam konteks tersebut peringatan HARGANAS (Hari Keluarga Nasional) merupakan momentum yang menggugah kita semua untuk kembali menghayati fungsi keluarga sebagai "RUMAH" dimana kebaikan dan kebahagiaan bisa ditingkatkan dan diraih bagi anggota keluarga. Peringatan HARGANAS juga bukan sekedar kegiatan ceremonial belaka tetapi juga sebagai ajang kompetisi dalam rangka Pembangunan Keluarga yang meliputi Kesatuan Gerak PKK KB–Kesehatan antara lain : PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), Posyandu dan Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS)

Dalam puncak HARGANAS XXVI di Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Lampung Tengah yang diwakili oleh Kampung Tulung Kakan Kecamatan Bumi Ratu Nuban terpilih sebagai Juara Pertama Lomba PHBS Tingkat Nasional dan meraih penghargaan Pakarti Utama I.

Dalam rangka penerimaan penghargaan tersebut Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto dan Ketua TP-PKK Ny. Ellya Lusiana didampingi oleh Kepala Dinas PP dan KB Lampung Tengah Drs. Eduart Hartono, M.Si dan Kepala Dinas Kesehatan Edy Sunarko, SKM., MKM pada tanggal 05 - 06 Juli 2019 berada di Banjarmasin untuk menghadiri undangan sebagai penerima penghargaan Pakarti Utama I tersebut. Dalam kesempatan tersebut, ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Tengah Ny. Ellya Lusiana didampingi Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Tengah Ny. Rusdiana Adi Erlansyah.

Dalam perbincangan dengan media Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto menyatakan bahwa penghargaan ini menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Lampung Tengah karena hal tersebut membuktikan bahwa Kabupaten Lampung Tengah merupakan salah satu Kabupaten Terbaik di Indonesia. Disamping itu penghargaan ini juga akan menjadi motivasi bagi Kabupaten Lampung Tengah untuk berbuat lebih baik dan banyak lagi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya Drs. Eduart Hartono, M.Si menambahkan penghargaan Pakarti Utama I Bidang PHBS Tingkat Nasional ini merupakan perwujudan dari hasil kegiatan gotong royong baik secara fisik maupun non fisik dari segenap element pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah. Ini juga merupakan hasil dari kerjasama atau komitmen Satu Niat, Satu Suara, Satu Langkah dan Satu Tujuan untuk membangun kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat Lampung Tengah. Demikian imbuh Drs. Eduart Hartono, M.Si Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lampung Tengah.

 


Share :